Monday, December 17, 2012

Trend alert: Navajo nation

               Saat ini motif Navajo sedang hits di pasaran. Trend ini bermula ketika fashion houses dunia mengadaptasikan Navajo ke dalam baju-baju produksi mereka dan menampilkannya di runaway. Mulai dari rok, baju, tas hingga sepatu yang mereka produksi terinspirasi dari Navajo.

                Sebenarnya Navajo adalah nama suku Indian Amerika terbesar yang di akui di Amerika Serikat. Nama “Navajo” pertamakali digunakan di tahun 1640-an. Suku Navajo sering membuat berbagai tenunan dan aksesoris rumit karena itu merupakan kebudayaan mereka. Tradisi tenunan Navajo adalah salah satu yang terkaya di dalam sejarah fashion dunia. Menggunakan alat tenun tegak orang-orang Navajo membuat pola geometris dengan menggunakan woll abu-abu, putih dan hitam ditambahkan dengan wol yang di celup dengan pewarna alami seperti nila dan “cochineal” (di ekstrasti dari kumbang). Mereka membuat tenunan menjadi syal yang menutupi kepala, bantalan(kain dilipat untuk menjadi bantal) dan selimut. Karena polanya yang sangat indah tenunan itu sangat dihargai dan mulai di perdagangkan dan untuk menjadi pembeda antara kain yang dijual oleh penjual yang satu dengan kain yang di jual oleh penjual yang lainnya mereka menandakannya dengan memberikan ‘tanda tangan’ di kain yang mereka hasilkan.

                Sekarang motif Navajo bisa ditemukan dimana saja dan dalam berbentuk apa saja karena mulai dari baju, celana, rok, dress, topi hingga sepatu sudah di adaptasikan, tapi… jangan karena semuanya bermotif Navajo jadi memakai semua yang bermotif Navajo! Jika sudah memakai celana bermotif Navajo baju atasan yang digunakan bisa dengan kemeja polos atau kaos yang tidak bermotif atau hanya memiliki motif yang sedikit atau jika atasan atau baju yang digunakan sudah bermotif Navajo celana yang digunakan bisa celana jeans atau celana berwarna yang senada dengan bajunya. Navajo juga bisa di gunakan sebagai alternatif saat musim hujan seperti sekarang ini loh.














by Antika Ramadhani (ar)

No comments:

Post a Comment